Isi Kandungan Dan Manfaat Ar-Rohman

Isi Kandungan Dan Manfaat Ar-Rohman

Surat Ar-Rohman adalah surat Al quran ke 55. Surat ini termasuk golongan surat Makkiyah karena turun di kota Makkah. Di dalam surat ini terdapat 78 ayat yang berisi tentang beragam penjelasan. Surat Ar-rahman adalah surat yang di awali dengan kata Ar-Rahman yang artinya Maha Pemurah. Di dalam kata pertama tersebut dijelaskan bahwa Allah SWT adalah tuhan yang senantiasa memberikan kemurahan kepada hamba-hambanya. Di dalam surat ini anda juga akan menemukan kallimat yang diulang hingga 31 kali yang berbunyi Fa-biayyi alaa’I Rabbi kuma tukadzdzi ban yang artinya maka nikmat Tuhanmu  yang manakah yang kamu dustakan?. Di dalam ayat pertama dijelaskan juga bahwa Tuhan maha pengasih yang mengajarkan kepada kita tentang diriNya melalui Al-Quran. Surat Ar-Rahman ini diakhiri dengan kata tabaraka yang artinya maha berkah, dimana jika manusia menyembah Alah maka Allah akan datang kepadanya.

Berikut ini adalah isi kandungan  yang ada di dalam surat Ar-Rohman :

  • Berisi tentang keimanan

Di dalamnya dijelaskan bahwa Allah mengajarkan manusia  pandai dalam berbicara, pohon dan tumbuhan tunduk kepada Allah. Manusia diciptakan dari tanah dan jin dari api.

  • Di dalam surat ini juga dijelaskan tentang kewajiban menakar, menimbang, mengukur dengan adil.

Dan masih banyak lagi keutamaan dan isi kandungan yang ada di dalam surat Ar-Rohman. Penting untuk diketahui bahwa nabi pernah bersabda bahwa barang siapa yang membaca surat Ar-Rohman maka Allah aklan menyayangi dan meridhai nikmat kepada hambanya. Juga dijelaskan bahwa membaca surat ini maka seseorang akan mati Dalam keadaan baik. Sebaiknya bacalah surat Ar-Rahman di malam hari maka anda akan bertemu dengan Allah saat hari kiamat tiba. Anda juga akan mendapatkan banyak sekali manfaat melalui surat ini, di antaranya dengan membaca surat Ar-Rahman maka anda akan selalu ingat bahwa Allah maha pengasih. Dengan membaca surat ini maka kita akan selalu ingat bahwa manusia memiliki kewajiban untuk selalu beribadah. Selain itu surat ini juga akan mengingatkan kita agar tidak kufur terhadap nikmat yang diberikan oleh Allah SWT.