Kandungan Mefinal 500 Mg

Kandungan Mefinal 500 Mg

Banyak sekali obat yang digunakan untuk meredakan nyeri yang beredar baik di pasaran maupun hanya ada di apotek. Salah satu obat untuk merekan nyeri yang hanya bisa anda dapatkan di apotek atau saat kontrol di dokter yaitu mefinal 500 mg. Obat satu ini memiliki kandungan asam mefenamat atau mefenamat acid 500 mg. Kandungan tersebut bisa menghambat kerja salah satu enzim siklooksigenase (COX). Enzim tersebut memiliki fungsi membantu dalam pembentukan prostaglandin ketika luka sehingga menyebabkan rasa sakit dan nyeri-nyeri pada bagian tertentu. Sehingga ketika enzim tersebut dihambat sehingga produksi prostaglandin akan berkurang dan rasa nyeri akan mereda.

Obat satu ini bisa digunakan untuk mengobati beberapa penyakit yang berhubungan dengan nyeri. Seperti saat nyeri haid, sakit gigi yang rasa nyerinya sangat berasa sekali, sakit kepala baik sebelah maupun seluruhnya, nyeri otot, nyeri sendi, pegal-pegal, dan nyeri-nyeri lain bisa diredakan dengan obat dari asam mefenamat ini. golongan obat mefinal 500 mg merupakan obat dengan kode K yang bearti obat keras, sehingga untuk mengkonsumsi obat jenis ini harus diresepkan oleh dokter atau tenaga medis lainnya yang memiliki pengetahuan tentang penyakit dan juga farmasi. Karena jika menggunakan obat ini tanpa pengawasan dokter maka dikhawatirkan akan terjadi kontraindikasi yang tidak diinginkan.

Kontraindikasi dari obat yang mengandung asam mefenamat ini yaitu jangan sampai diberikan pada pasien dengan riwayat alergi pada mefenamat acid, ibuprofen, celecoxib. pasien yang memiliki riwayat penyakit ginjal, hati, asma, urtikaria, tukak lambung atau magh juga dilarang mengkonsumsi obat yang mengandung asam mefenamat. Dan ibu yang sedang hamil juga tidak disarankan untuk mengkonsumsi obat tersebut. Karena jika tetap mengkonsumi obat tersebut akan mengakibatkan efek samping diantaranya pusing, muntah, gugup merupakan efek samping yang ringan. Sedangkan efek samping yang berat seperti urin bercampur dengan darah, muntah darah, dan lain-lain. untuk itu obat ini tidak dijual secara semabarangan, hanya apotek dan tenaga medis yang sudah bersertifikat yang memiliki obat ini.