6 Hal Ini Bisa Menjaga Kehamilan di Trimester Pertama

6 Hal Ini Bisa Menjaga Kehamilan di Trimester Pertama

Satu hal yang paling menggembirakan yaitu saat dokter menyatakan Anda hamil. Setelah melakukan tes darah untuk lebih memastikan kondisi ini, maka Anda harus lebih ekstra perlindungan. Terlebih pada trimester pertama, kesehatan harus dijaga dengan baik. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kehamilan Anda di trimester pertama.

  1. Konsumsi Vitamin Prenatal

Pada trimester pertama, Anda harus mendapatkan banyak nutrisi. Salah satunya yang bisa dilakukan yaitu dengan mengonsumsi vitamin prenatal. Tujuannya untuk memenuhi asupan asam folat saat Anda merencanakan kehamilan dan menguatkan kandungan pada tahap pertama. Asam folat ini bisa mencegah masalah otak dan kerusakan sumsum tulang belakang.

Kebutuhan suplemen asam folat untuk trimester pertama sekitar 400 mikrogram setiap hari. Anda juga boleh mengonsumsi 600 gram. Suplemen ini bisa dibeli meski tanpa menggunakan resep dokter di apotek maupun supermarket terdekat. Selain asam folat, vitamin D juga penting dikonsumsi selama masa kehamilan.

  1. Layanan Kesehatan Harus Tepat

Anda bisa memilih dokter atau bidan untuk melakukan check-up tiap bulan. Anda harus memastikan kesehatan Anda dan calon bayi setiap bulan. Jika sudah memiliki jasa kesehatan yang dari awal mengetahui kondisi Anda, maka akan tercipta kenyamanan hingga masa persalinan.

  1. Berhenti Melakukan Kebiasaan Buruk

Jika sebelumnya Anda sering melakukan kebiasaan buruk seperti merokok, minum minuman beralkohol maka sebaiknya segera hentikan. Merokok bisa menghambat pertumbuhan janin dan meningkatkan risiko keguguran. Selain itu,merokok juga bisa memicu bayi lahir dalam keadaan cacat. Sedangkan alkohol bisa meningkatkan kemungkinan berat bayi rendah saat lahir serta hiperaktivitas. Tidak ada kata terlambat, Anda bisa berhenti sekarang juga sebelum bayi yang mendapatkan akibat dari aktivitas buruk Anda.

  1. Lakukan Konsultasi Prenatal

Anda sebaiknya mulai melakukan janji konsultasi prenatal yang pertama dengan dokter atau bidan yang sudah dipilih. Setidaknya, lakukan konsultasi pada minggu kedelapan pada masa kehamilan. Konsultasi prenatal ini biasanya tidak begitu lama, sekitar dua jam saja.

  1. Teliti Asuransi Kesehatan

Selain hal di atas, Anda juga harus mempersiapkan asuransi kesehatan. Hal ini guna memfasilitasi biaya persalinan sekaligus perawatan bayi yang Anda lahirkan. Anda bisa menggali informasi ke penyedia asuransi Anda atau berbicara dengan pihak departemen. Jika Anda tidak memiliki asuransi kesehatan, cari tahu tempat mendapatkan bantuannya.

  1. Atur Pola Makan dan Olahraga

Selain konsultasi ke dokter, Anda juga pelu mengatur pola makan dan olahraga. Anda masih boleh melakukan hubungan intim dengan gaya bercinta tertentu. Hal ini dikarenakan pada trimester pertama kehamilan lebih sensitif. Sehingga Anda perlu berhati-hati misal juga saat memilih jenis olahraga.

Saat usia kandungan dalam trimester pertama, Anda perlu menjaganya dengan baik. Kandungan pada masa ini masih sangat rentan berisiko keguguran sehingga Anda harus melakukan kegiatan yang ringan saja. Anda bisa yoga atau melakukan hal lain yang aman. Jangan lupa menjaga pola makan juga. Dengan demikian kehamilan akan sehat hingga persalinan.