Harga Barang di Malaysia Jauh Lebih Murah dari Indonesia

Harga Barang di Malaysia Jauh Lebih Murah dari Indonesia

Saat ini, harga barang di malaysia jauh lebih terjangkau dibandingkan yang ada di Indonesia. Tentu saja seharusnya rakyat Malaysia merasa beruntung dari pada rakyat Indonesia. Dengan pendapatan yang tinggi, maka UMR dari malaysia menjadi jauh lebih tinggi sebanyak 2x lipat dari UMR yang ada di Indonesia. Untuk nilai jual yang ada di Malaysia biasanya jauh lebih rendah daripada negara Indonesia. Kelebihan negara Malaysia ini telah tercatat ke dalam sekotr perekonomian. Negara tersebut mempunyai pendapatan setiap kapita hingga melebihi dari 9.000 USD dari pada di Indonesia yang mencapai 3.424 USD. Negara Malaysia pernah mendapatkan penghargaan menjadi negara yang memiliki tingkat penduduk yang gemar bekerja paling tinggi di seluruh dunia.

Sementara itu, beban untuk belanja bulanan para keluarga yang Indonesia saat ini lebih berat. Dengan UMR yang setengah lebih rendah dari Malaysia, kini orang Indonesia harus dapat bertahan dengan harga semua barang yang serba tinggi di Indonesia. Harga kebutuhan pokok yang terdapat di Indonesia memang lebih murah. Namun, ternyata produk pertaniannya itu berasal dari negara Indonesia. Karena pemerintah Malaysia tersebut begitu ketat saat mengontrol bahan-bahannya. Bahkan, untuk nilai penjualan bahan pokok yang terdapat di pasar juga telah ditetapkan. Apa yang menjadi penyebab nilai jual Indonesia jauh lebih terjangau dari pada di negara Malaysia?

  1. Jauh lebih murah harganya di malaysia karena subsidi dari pemerintah Malaysia yang turut berperan penting. Bahkan, bensin RON 95 yang ada di Malaysia saat ini dijual senilai 2.05 / L sedangkan bila dirupiahkan menjadi 6 ribuan rupiah per liter. Sementara untuk oktan 90 yang ada di Indonesia umumnya dijual senilai 7,500 rupiah per liter. Sedangkan, di Malaysia, oktan 97 ini dijual senilai 2.31 RM atau setara dengan 7,200 rupiah.
  2. Harga gas yang ada di malaysia jauh lebih terjangkau dari pada di Indonesia, karena mereka mendapatkan subsidi dari pemerintah. Tak hera bila nilainya cukup terjangkau harganya dari pada yang lainnya.